Pages

Minggu, 31 Agustus 2014

Sebelum Pesan, Kenali dulu Bahan Pakaian

Kirana-Konveksi,- Kali ini akan berbagi informasi mengenai beberapa bahan yang biasa dipakai untuk membuat seragam kaos, kaos seragam, kemeja, Sweater untuk keperluan acara, komunitas, outbound, dan lain-lainnya.

Semoga saja dengan informasi ini diharapkan dapat membantu dalam mengatasi kebingungan Anda saat hendak membuat pakaian. Untuk itu, sebelum memesan ada baiknya Anda juga mengenal berbagai macam jenis bahan berserta karekter bahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis bahan dengan karekater dasar bahan tersebut.

1.Kain Katun

Bahan jenis ini biasanya banyak dipakai untuk pembuatan kaos polos atau kaos oblong. Pasalnya, kain yang satu ini merupakan yang berbahan dasar serat kapas yang bersifat mudah menyerap keringat sehingga pengguna pakain jenis ini akan merasa lembut, nyaman, dan tak panas.

Kendati demikian, Anda perlu juga mewaspadai kain yang agak mirip dengan kain Cotton, yakni PE. Untuk dapat membedakan keduanya, adalah cara mengusap kain tersebut, jika 100%  Cotton maka akan lebih halus dibandingkan dengan PE. Selain itu, adalah membakarnya jika kain Cotton dibakar maka baunya seperti kertas atau kayu dibakar dan akan menjadi abu.

Sedangkan PE, jika dibakar maka baunya sepertiplastik dibakar, jalan apinya cepat dan akan menjadi arang.

Untuk Cotton terbagi berbagai macam jenis-jenisnya lagi, untuk mengetahui jenis-jenis kain tersebut, silakan disimak

A.    Katun Kombed   (Combed Cotton)
Kain Cotton merupakan hasil produksi dengan finishing disisir (combed).  Hal ini membuat kain yang dihasilkan lebih halus dan tidak berbulu. Kain ini biasa terdapat dalam dua ukuran yaitu 20s, 30s, 40s. Untuk mengenal perbedaan antara silakan klik disini.

B.    Katun Karded
Kain jenis ini bisa dikatakan adik dari Cotton Combed, karena posisi yang kedua kain jenis ini lebih murah dibandingkan dengan cotton combed dan terdapat perbedaan. kain katun karded tidak disisir pada proses finishing pembuatannya. Oleh karena itu masih terdapatserat-serat kapas halus yang tersisa. Tetapi meskipun begitu kain katunkarded memiliki keunggulan harga yang lebih murah dibandingkan kain katun kombed.

    2. Kain Lacoste
Jenis kain yang satu ini biasanya dipakai untuk membuat kaos polo/kerah/wangki.

    3. Kain Pique
Jenis kain yang satu ini juga sama dengan kain Lacoste, yakni untuk membuat kaos polo atau kerah, atau wangki.

  4.  Kain PE
Sebagaimana sudah sedikit diulas di atas, kain PE (Poly Ester) merupakan bahan yang secara kualitas di bahah Katun. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat kaos polos seperti halnya Katun, yang membedakan adalah bahan dasarnya adalah benang polyester jadi akan lebih terasa panas dibandingkan dengan katun kombed.

5.    Light weight wools
kain wol ini tergolong ringan dan bisa dipadukan dengan apa saja. Jatuhnya di badan pun enak dilihat. Kelebihannya, kain ini agak ‘bandel’ alias tahan banting (awet).

    6. Akrilit
Bahan jenis ini bisanya dipakai dalam membuat kemeja. Biasanya dikombinasikan dengan rompi berbahan light weight wools

7.  Baby Tray
Kain jenis ini biasanya dipakai untuk pembuatan Sweeter. Banyak alasan membuat sweater memakai kain jenis ini. Salah satunya adalah bersifat tebal dan halus serta tidak berbulu.

0 komentar:

Posting Komentar